Virtual Graduation Ceremony Sekolah Pertama di Provinsi Jambi

Jambi  (dm)- Jambi, 25 Juni 2020. Tahun 2020 mungkin menyisakan kenangan tersendiri bagi setiap orang, tahun dimana pandemi virus Corona (Covid-19) menyerang hampir seluruh dunia yang mengubah peradaban kehidupan manusia. Virus Corona melemahkan bahkan melumpuhkan berbagai sektor kehidupan seperti sektor sosial, ekomoni, transportasi, manufaktur bahkan sektor pendidikan.

Dampak wabah virus corona bagi sektor pendidikan yaitu terganggunya kegiatan belajar mengajar dan berbagai kegiatan agenda sekolah lainnya. Di Indonesia sendiri masalah terganggunya kegiatan belajar mengajar coba diatasi dengan cara mentransformasikan sistem pembelajaran tatap muka ke sistem pembelajaran daring (online). Pembelajaran daring (online) yang sudah coba diterapkan sekarang ini terbukti cukup membantu tercapainya tujuan pembelajaran dalam kurikulum pendidikan Indonesia.

Selain kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring, adapula kegiatan agenda sekolah yang dilaksanakan secara daring seperti suatu perlombaan, kegiatan pesantren ramadhan, hingga perpisahan (Graduation).

Pada awalnya perpisahan angkatan tahun 2020 ini di berbagai sekolah terancam dibatalkan karena pandemi Covid-19, namun sekolah-sekolah terus mencoba alternatif  dengan virtual graduation, salah satunya Diniyyah Al-Azhar Islamic Education Centre Jambi.

Diniyyah Al-Azhar Jambi menjadi pioner  pelaksanaan Virtual Graduation Ceremony dan sekolah pertama di Propinsi Jambi yang dilaksanakan pada Kamis, 25 Juni 2020. Kegiatan pada saat itu dilakukan dengan pertemuan melalui  aplikasi zoom dan streaming live dari YouTube, instagram dan facebook yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas IV SDIT, kelas IX SMPIT, kelas XII SMAIT dan seluruh civitas Dinniyah Al-Azhar Jambi.

Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan Perguruan Diniyyah Al-azhar Umi Dra. Hj. Rosmaini MS, M.Pd.I dan Direktur Pendidikan  DIAZ Ust. H. M. Hafizh El Yusufi, S.Pd.I., MM memberikan kata sambutan, motivasi serta nasehat kepada wisudawan-wisudawati yang hadir dalam pertemuan virtual tersebut. Selain itu, Walikota Jambi Bapak H. Syarif  Fasha, ME turut hadir memberikan kata sambutan, nasehat dan untaian kata motivasi kepada para wisudawan. Beliau juga menyampaikan apresiasinya terharap pelaksanaan Virtual Graduation Ceremony yang pertama dilaksanakan oleh Diniyyah Al-Azhar Jambi.

Alhamdulillah, Virtual Graduation Ceremony ini berjalan dengan lancar dan tertib di mana tetap memenuhi protokol kesehatan Covid-19. Harapannnya, meskipun ceremony dilakukan secara virtual namun tetap dapat memberikan kenangan indah dan optimisme tersendiri bagi lulusan angkatan 2020. Dan semoga pandemik ini dapat segera berlalu sehingga segala proses pembelajaran dan semua aspek kehidupan dapat kembali normal seperti sediakala. Aamiin ya robbal ‘alamin