Ujian Praktik Siswa Kelas XII SMAIT DIAZ Jambi

Sungai Kambang, Kota Jambi (DM)-Siswa dan Siswi kelas XII SMAIT Diniyyah Al-Azhar Jambi mengikuti praktik ujian akhir sekolah, yang meliputi empat mata pelajaran sekaligus, yakni Bahasa Inggris, Prakarya, Ekonomi untuk kelas IPS dan Biologi untuk kelas IPA. Praktik ujian akhir sekolah ini berlangsung selama dua hari yakni pada Selasa dan Rabu (10-11/03/20).

Dimana pada hari Selasa Siswa-siswi kelas XII IPS praktik berbelanja langsung ke Pasar Simpang Pulai, untuk belajar tawar menawar harga bahan pokok di pasar. Belajar memilih bahan-bahan untuk diolah menjadi makanan sehat dan bergizi untuk dikonsumsi. Disini mereka praktik berinteraksi dengan pedagang, membelanjakan uang, serta me-manage modal yang mereka bawa, agar dapat membeli kebutuhan yang diperlukan. Serta dinilai pula kerjasama antar kelompok yang mengunjungi pasar tersebut.

Sementara di hari kedua yakni pada Rabu, para siswa dan siswi kelas XII IPA menjawab pertanyaan seputar fermentasi dari guru Biologi, untuk berbagai masakan yang mereka olah. Seperti untuk produk olahan tempe, menggunakan bakteri Rhyzopus Oryzae yang merupakan bakteri Bacillus Sp dalam mengolah tempe. Barulah mempresentasikan hasil belanja mereka, yang telah diolah menjadi beragam makanan yang disajikan dengan menarik.
Pada praktik ujian akhir sekolah yang dilaksanakan di kelas XII IPS SMAIT DIAZ Jambi tersebut, para siswa mempresentasikan hasil olahan mereka dalam Bahasa Inggris.

“Dalam presentasi be-Bahasa Inggris, dinilai kemampuan para siswa dan siswi dalam penggunaan Bahasa Inggris, seperti pronounciation, intonasi dan konten yang mereka presentasikan,” jelas Miss Weni, yang merupakan salah seorang tim penguji pada praktik ujian akhir sekolah ini.
Sedangkan untuk Penilaian dalam mata pelajaran Prakarya dinilai hasil kinerja siswa dan siswi. Terutama untuk penyajian, kemasan produk, hingga cara menghias makanan yang disajikan sehingga menarik untuk dilihat.

Praktiku akhir sekolah kelas XII ini lebih spesial dari biasanya, karena pada praktik ujian akhir sekolah kali ini, siswa dan siswi diuji langsung oleh salah seorang tim pengajar dari Al-Azhar Cairo Mesir, yakni Syeikh Hasan Toha. Beliau sangat mengapresiasi hasil karya siswa dan siswi kelas XII IPA dan IPS ini, dengan memuji hasil masakan siswa dan siswi, dan sangat menyukai olahan ayam kecap yang menurut beliau sesuai dengan selera khas masakan Cairo.

Praktik ujian akhir sekolah ini sendiri juga memberikan manfaat yang baik bagi para siswa dan siswi kelas XII. Selain memperoleh nilai untuk tugas akhir mereka, para siswa dan siswi kelas XII ini, juga memperoleh manfaat lain. “Dengan ujian praktik ini kami bisa membangun kekompakkan dari kerjasama antar kelompok, serta belajar mengetahui harga pasar dan memahami proses dari awal mengolah masakan” ungkap Tita, salah seorang siswi kelas XII IPS SMAIT DIAZ Jambi.