Training Leadership Angkatan Keempat Al-Azhar Training Centre Berjalan Sukses

Alhamdulillah, Al-Azhar Training Centre (ATC) kembali melaksanakan training leadership yang berlansung pada Jum’at-Minggu (16-18 September 2016) yang dilaksanakan di aula Perguruan Al-Azhar Jambi dan Kampung Radja.

Peserta training leadership angkatan keempat ini berasal dari guru dan karyawan yang ada di Perguruan Diniyyah Ma. Bungo, Perguruan Al-Azhar Jambi dan Perguruan Al-Azhar 2 Tebo yang berjumlah 31 orang.

Kegiatan pembukaan dilaksanakan di aula Perguruan Al-Azhar Jambi pada 16-09-2016 yang dihadiri oleh Direktur Pendidikan Perguruan Al-Azhar Jambi, Bendahara YPPD Al-Azhar Jambi, Sekretaris Perguruan Al-Azhar Jambi beserta seluruh panitia dan para leaders training leadership angkatan keempat. Kegiatan ini dibuka lansung oleh Direktur Perguruan Al-Azhar Jambi, Ustadz H. Moch. Hafizh El-Yusufi, S.Pd.I.,M.M. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan fasilitas untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh para leaders. “Kita hanya fasilitator untuk mengenal potensi para leaders dan mengembangkannya. Adapun hasilnya tergantung sejauh mana tekad dan keinginan yang ada pada diri kita masing-masing, disitulah kunci kecerdasan seseorang” ucapnya.

Pada hari pertama, para leaders dibekali beberapa materi diantaranya: Sejarah YPPD Al-Azhar Jambi dengan narasumber Ibu Dra. Suharni, M.Pd.I, Etika dan Kepribadian dengan narasumber Ibu Rini Kartini, S.Ag dan materi inti How to Prepare a Good Leader I, II & III dengan narasumber Ustadz H. Moch. Hafizh El-Yusufi, S.Pd.I.,M.M. Pemberian materi ini berlangsung di aula Perguruan Al-Azhar Jambi pada hari pertama dan kedua.

training-leadership-angkatan-keempat-al-azhar-training-centre-berjalan-sukses

Untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan dari materi-materi tersebut dilaksanakan beberapa permainan-permainan kecil untuk mensimulasikan tentang nilai-nilai yang terdapat pada materi yang telah disampaikan seperti simulasi permainan komunikasi verbal dan non verbal. Sesekali gelak tawa para peserta mewarnai permainan simulasi tersebut.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan “Malam Keakraban” yang berlansung pada Jum’at malam yang berlansung di Hotel Shang Ratu Jambi. Di kegiatan ini semua seluruh peserta dituntut untuk menghibur para peserta lainnya melalui lagu dan tari.

Untuk mengenal siapa jati diri para leaders, panitia melaksanakan mabit dan muhasabah yang dilaksanakan pada Sabtu malam. Para leaders diajak untuk mengenal dirinya masing-masing dengan menginstropeksi diri masing-masing untuk perbaikan diri kedepannya.

Agenda yang dilaksanakan pada hari terakhir yaitu kegiatan outbound yang dilaksanakan di Kampung Radja. Pada kegiatan ini merupakan kegiatan pengaplikasian dari materi-materi yang telah diterima pada hari pertama dan kedua. Tampak pada kegiatan outbound ini kekompakkan, keseriusan dan antusiasme dalam membangun kerjasama yang baik di dalam tim.

Kegiatan penutupan kegiatan training leadership ini dilaksanakan pada hari Minggu yang berlansung di aula Perguruan Al-Azhar Jambi. Semoga dengan adanya kegiatan training leadership ini dapat meningkatkan kualitas SDM untuk menghadapi tantangan kedepan demi tercapainya visi misi YPPD Al-Azhar Jambi.