Terapkan Smart School, Diaz Gelar MoU dengan PT. Mumtaz Teknologi Indonesia

Telanaipura (DM) – Tidak dapat dipungkiri kemajuan zaman yang disertai dengan perkembangan teknologi saat ini, menuntut setiap insan untuk turut berkembang. Pemanfaatan gawai untuk memudahkan pekerjaan pun mau tidak mau, menjadi suatu keharusan dalam era milenial saat ini.

Demikian pula halnya dengan perguruan Diniyyah Al-Azhar, yang harus selalu siap mengikuti perubahan era digitalisasi 4.0 untuk menuju World Class Institution. Untuk itulah Diniyyah Al-Azhar terus melakukan berbagai inovasi, khususnya di bidang teknologi, salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi baru di Diniyyah Al-Azhar melalui _Smart School System.

Pada penerapan teknologi terbaru ini Diniyyah Al-Azhar menggandeng Bank Muamalat Indonesia Cabang Jambi, terkhusus dengan PT. Mumtaz Teknologi Indonesia, untuk pengadaan fasilitas sarana manajemen.

Kerjasama Smart School ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Diniyyah Al-Azhar, dengan PT. Mumtaz, yang disaksikan oleh pihak dari Bank Muamalat Indonesia Cabang Jambi. penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Aula Muhammad Natsir Gedung Jeddah. Dari Diniyyah Al-Azhar, penandatanganan kerjasama ini dilakukan olah Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar, Ustadz H. M. Hafizh El Yusufi, S.Pd.I., M.M. sedangkan dari PT. Mumtaz Teknologi ditandatangani oleh Direktur Utama, Muhammad Yuki Zakaria. Penandatanganan MoU ini juga disaksikan oleh Branch Manager Bank Muamalat Indonesia Cabang Jambi, Rafyal Fajri.

Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar, Ustadz H. M. Hafizh El Yusufi, S.Pd.I., M.M. mengatakan kerjasama di bidang digitalisasi ini telah dicanangkan sejak 2015 lalu, namun projek kerjasama ini baru dapat dilaksanakan di awal tahun 2020 ini.
“Melalui kerjasama ini diharapkan dapat membentuk karakter manajemen yang baik dan kondusif” ujar Ustadz Hafizh.
“Program Smart School ini kita intensifkan kembali dan diharapkan dapat menjadikan Diniyyah Al-Azhar menjadi role model untuk sekolah lainnya dalam penerapan Smart School ini” pungkasnya.

Direktur Utama PT. Mumtaz Teknologi Indonesia, Muhammad Yuki Zakaria menjelaskan, melalui Mumtaz Smart School ini, banyak hal yang dapat dipermudah, baik dari guru, karyawan, orang tua siswa dan siswa siswi Diniyyah Al-Azhar sendiri.

“Jadi aplikasi ini nanti fungsinya itu, untuk administrasi sekolah, mulai dari penerimaan siswa baru, akademik, mulai dari penilaian, absensi dan jurnal mengajar, termasuk disitu ada namanya buku penghubung siswa, terus lalu juga ada namanya keuangan jadi untuk pembayaran, tagihan, transaksi terus lalu juga ada namanya konseling, yaitu perihal kasus dan prestasi sehingga nanti orang tua bisa ngecek prestasi siswa, tagihannya siswa, lalu pembayaran nya jadi via aplikasi Android” jelas Yuki.

Sementara itu, Branch manager Bank Muamalat Indonesia Cabang Jambi, Rifyal Fajri mensupport kerjasama ekslusif dalam solusi sekolah di era digital saat ini.
“Bank Muamalat juga bangga hadir untuk menemani Al-Azhar di era digital saat ini. Hal ini karena Al-Azhar yang terus berinovasi mengkaji, memperbaharui dan menampilkan apa yang dibutuhkan oleh umat saat ini.” Ujarnya.

Penandatanganan MoU antara Diniyyah Al-Azhar dengan PT. Mumtaz Teknologi Indonesia ini dihadiri pula oleh para kepala divisi Diniyyah Al-Azhar dan sejumlah pihak dari Bank Muamalat Indonesia Cabang Jambi. (838).