Siswa Siswi Kelas II SDIT Diniyyah Al-Azhar Belajar Berenang Bersama

Jaluko, (DM) – Proses┬ábelajar mengajar tidak harus selalu kaku dan monoton dilakukan di dalam kelas. Di SDIT Diniyyah Al-Azhar, selain belajar di kelas, para siswa juga diajak belajar keluar sekolah, atau yang biasa dikenal dengan istilah outing Class.

Kali ini outing Class diterapkan kepada siswa dan siswi kelas II SDIT Diniyyah Al-Azhar. Mereka diajak belajar berenang ke salah satu swimming pool di kawasan Mendalo.

Sebelum berangkat para siswa dan siswi SDIT Diniyyah Al-Azhar ini, diberi pengarahan oleh kepala SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi yakni Ustadz David Hermanto. Kepala sekolah mengatakan, di zaman Baginda Rasulullah SAW, setiap orang tua wajib mengajarkan anaknya berbagai keterampilan. Diantaranya adalah keterampilan berkuda, memanah dan berenang. Untuk itulah para sobat cilik Diaz ini diajarkan berenang.

Mereka sangat antusias mengikuti outing Class ini. Terlihat dari wajah wajah ceria mereka yang dengan tertib dan beradab memasuki kapsul bus alias Tato, yang akan mengantarkan mereka ke lokasi tujuan. Begitupun ketika tiba di lokasi, mereka tetap menjaga sikap dan perilaku.

Usai mendapat pengarahan serta mengganti kostum renang. Para siswa diajak melakukan pemanasan terlebih dahulu, sebelum masuk ke dalam kolam renang. Setelah itu barulah mereka bebas untuk belajar berenang dan bermain air di setiap wahana di kolam renang tersebut.

Dibawah pengawasan gurunya, para siswa kelas II SDIT Diniyyah Al-Azhar ini, menjajal satu persatu wahana, mulai dari menunggu detik-detik tumpahnya air dari ember raksasa. Bermain Voli air, berseluncur di Waterboom, hingga belajar berenang bersama guru di sepanjang Sungai kecil buatan yang meniru Sungai Batanghari. Waaah sangat seru ya sobat Diaz.

Salah seorang guru yang juga wali kelas II, Ustadz Asnawi menjelaskan, kegiatan ini dilakukan selain untuk mengajarkan anak di bidang olahraga renang, juga sekaligus untuk mengajarkan kemandirian pada siswa.

“Mereka disini belajar bertanggung jawab atas barang bawaan mereka sendiri. Belajar menjaga diri sendiri agar tidak tertinggal dari rombongan hingga tetap menjaga sikap dan adab selama berada di luar sekolahnya” ungkap Ustadz Asnawi.

Puas belajar berenang dan bermain air bersama, para siswa dan siswi Diniyyah Al-Azhar ini pun kemudian membersihkan diri, untuk lanjut makan siang bersama dan kembali ke sekolah bersama kapsul Bus ‘Tayo’.