Siswa Kelas I SDIT Al-Azhar Jambi Peragakan Sikat Gigi Pada Program UKGS

Kota Jambi, (DM) РUntuk mewujudkan upaya menjaga kesehatan di Sekolah, Kamis pagi (27/02) siswa dan siswi kelas I SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi mendapat kunjungan dari Puskesmas Simpang IV Sipin. Kunjungan dilakukan dalam program UKGS (Unit Kesehatan Gigi Sekolah). UKGS sendiri merupakan suatu paket pelayanan asuhan sistematik dan ditujukan bagi semua murid sekolah dasar dalam bentuk paket promotif, promotif-preventif dan paket optimal.
Melalui upaya pendekatan pelayanan kesehatan ini, puluhan siswa dan siswi kelas I SDIT Al-Azhar Jambi diajarkan cara menyikat gigi dengan benar. Kali ini pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas Simpang IV Sipin adalah upaya promotif-preventif meliputi sikat gigi masal, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor minimal 1 kali/bulan.

Para siswa dan siswi kelas I SDIT Al-Azhar Jambi tampak antusias mengikuti panduan dari pihak Puskesmas Simpang IV Sipin. Mereka mengawalinya dari berkumur-kumur dengan air, lalu menyikat gigi mereka menggunakan pasta gigi, kemudian kembali berkumur untuk membilas gigi mereka yang penuh busa pasta gigi.

Kegiataniinisendiri bertujuan selain untuk mengajarkan pada anak didik, akan arti penting merawat kesehatan gigi, agar dapat pula menjadikan siswa memiliki pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut. Dan pada akhirnya siswa memiliki sikap/kebiasaan memelihara diri terhadap kesehatan gigi dan mulut.