SD IT Diniyyah Al Azhar Terapkan Penggunaan Bahasa Arab dan Inggris

JAMBI – SD Islam Terpadu (IT) Diniyyah Al Azhar Jambi sejak beberapa waktu lalu, telah menerapkan bahasa Arab dan bahasa Inggris bagi siswa saat berada di sekolah. Bahkan kedua bahasa tersebut digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kepala SD IT Diniyyah Al Azhar Jambi Fatimah mengatakan, penerapan ini dilakukan sebagai upaya pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan siswa menggunakan bahasa asing.

“Agar siswa terbiasa menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris,” ujarnya, Rabu (19/9).

Para guru di kelas juga juga harus menggunakan kedua bahasa tersebut ketika kegiatan pembelajaran saat sedang berlangsung. “Minimal ketika membuka dan menutup pembelajaran,” ungkapnya.

Untuk memastikan program tersebut berjalan, kepala sekolah setiap hari memonitor atau memantau langsung ke kelas-kelas, apakah guru dan siswa aktif menggunakan bahasa asing. “Supaya penggunaan bahasa asing ini benar-benar dilakukan,” kata Fatimah.

Selain itu sebut Fatimah, ketika siswa ada keperluan dan datang ke kantor, diminta menggunakan bahasa Arab atau Inggris dalam menyebutkan benda yang diinginkan atau diminta.

“Termasuk saat memanggil teman juga harus menggunakan antum untuk siswa putera, dan untuk siswa putri anti,” bebernya.

Menurutnya, penerapan bahasa asing ini belum berjalan maksimal, karena memang baru dan siswa belum terbiasa, sehingga dalam melatih siswa menggunakan bahasa tersebut harus berulang-ulang.

“Makanya kita buat kosakata dalam bentuk buku atau ucapan langsung agar mudah diingat oleh seluruh siswa,” pungkasnya.