Sabtu Bersih, Sehat dan Bersemangat! Diniyyah Al-Azhar Jambi

Jambi- Pendidikan bukan hanya dari ilmu formal yang didapat dari dalam kelas selama belajar mengajar, tetapi juga pendidikan karakter, menanamkan jiwa yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Hal itulah yang diterapkan oleh Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi, setiap hari Sabtu siswa-siswi dirangkul untuk membudayakan hidup sehat dengan berolah raga. Guru mendampingi dan memberikan pengarahan agar apa yang dilakukan oleh siswa tidak membosankan, malah menyenangkan. Seperti senam bersama SDIT, lari pagi SMPIT & SMAIT mengitari area sekitar sekolah.

Setelah berolahraga kegiatan dilanjutkan dengan PLS (Peduli Lingkungan Sekolah), berupa gotong royong membersihkan kelas, tanaman dan lainnya. Secara keseluruhan, kebersihan dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah. Pentingnya menjaga kebersihan ini bahkan dijelaskan dalam hadist riwayat Tirmizi dari Saad, “Sesungguhnya Allah itu baik dan mencintai kebaikan, Bersih (suci) dan mencintai kebersihan, Mulia dan mencintai kemuliaan, bagus dan mencintai kebagusan, bersihkanlah rumahmu….”

Kemudian, siswa-siswi dibebaskan untuk mengikuti ekskul opsional yang mereka geluti seperti futsal, badminton, basket, matematika dan banyak lagi.

____
Ingat, tujuan utama olahraga adalah agar raga bugar, sehingga ibadah bisa lancar.
”Mukmin yang kuat lebih baik dan dicintai Allah daripada mukmin yang lemah.” (HR. Muslim)

(arb)