Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi ajak guru untuk lebih dekat dengan Al-qur’an Dalam Kegiatan Rutin

Jambi (dm)-Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi ajak guru untuk lebih dekat dengan Al-qur’an dalam kegiatan rutin setiap hari Jum’at di lantai 2 Masjid Diniyyah Al-Azhar Jambi. Dimulai dari pukul 7.15 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Sebelum kegiatan dimulai, murabbi dan murabbiyah melakukan briefing bersama ustadz Abdurrahman, Lc. Beliau menyampaikan program dan target kedepan untuk hafalan wajib  juz 30 bagi setiap guru. Usai briefing, para guru berkumpul, membuat lingkaran-lingkaran kecil dengan murobbiyahnya masing-masing untuk muraja’ah dari pukul 7.00 hingga 9.30 WIB.

Kemudian 10.00 sampai dengan 11.00 WIB, dilanjutkan dengan SIG (Studi Intensif Guru) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh guru dari Unit TK, SDIT, SMPIT dan SMAIT. Untuk meningkatkan tahsin baik secara tajwid maupun makhrojihul huruf.

Murajaah merupakan mengulang bacaan ayat atau surat yang telah kita hafal dengan baik. Membaca Al-Qur’an secara rutin dan berulang-ulang. Sedangkan tahsin (bahasa Arab: تحسین) adalah kata Arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya. Tahsin menurut bahasa berasal dari ‘hassana-yuhassinu’ yang artinya membaguskan. Kata ini sering digunakan sebagai sinonim dari kata tajwid yang berasal dari ‘jawwada-yujawwidu’ apabila ditinjau dari segi bahasa.

Semoga apa yang dipelajari dapat selalu memberikan manfaat dunia akhirat. Allahumma Amin..