Peragaan Manasik Haji, Tanamkan Nilai-nilai Haji sejak Dini

Perguruan Al-Azhar Jambi melaksanakan peragaan manasik haji yang dilaksanakan di lapangan Perguruan Al-Azhar Jambi. Peragaan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi yang berasala dari tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA.

Kegiatan pembukaan peragaan manasik haji ini dilaksanakan di pendopo Perguruan Al-Azhar Jambi yang dihadiri oleh Direktur Pendidikan Perguruan Al-Azhar Jambi, Bendahara YPPD Al-Azhar Jambi, Sekretaris Perguruan Al-Azhar Jambi, Gubernur Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala MUI Kota Jambi, Pimpinan Bank Muamalat Indonesia cabang Jambi, dewan juri beserta seluruh kepala divisi, unit, guru dan karyawan Perguruan Al-Azhar Jambi.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ketua panitia, Direktur Pendidikan, Staf Ahli Gubernur Jambi dan diakhiri oleh pembacaan doa. Acara pembukaan ini juga dimeriahkan oleh grup nasyid “Thifla”.

Dalam sambutannya Direktur Pendidikan Al-Azhar Jambi, Ustadz H. Moch. Hafizh El-Yusufi, S.Pd.I.,M.M menyampaikan bahwa peragaan manasik haji ini bukan hanya kegiatan tahunan semata. “Peragaan manasik haji pada tahun ini bertemakan Haji, Sempurnakan Islamku. Seperti yang kita ketahui haji merupakan impian setiap muslim, maka dari itu dengan peragaan manasik haji ini dapat menumbuhkan nilai-nilai keislaman sehingga dewasa nanti, seluruh siswa-siswi dapat melaksanakan ibadah haji” ungkapnya.

manasik-haji-perguruan-al-azhar-jambi-2016-1

Pembukaan kegiatan peragaan manasik haji Perguruan Al-Azhar Jambi yang berlansung di pendopo.

Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa peragaan manasik haji ini diikuti oleh 3800 siswa dibawah naungan YPPD Muara Bungo. “Pada tahun ini kegiatan manasik haji serempak dilaksanakan di 3 perguruan dibawah naungan Yayasan yaitu di Perguruan Diniyyah Muara Bungo, Perguruan Al-Azhar Jambi dan Perguruan Al-Azhar 2 Tebo” tambahnya.

Kegiatan pembukaan peragaan manasik haji ini dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Jambi, Bapak Drs. H. M. Asnawi, AB.MM. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, kegiatan peragaan manasik haji Perguruan Al-Azhar Jambi resmi dibuka” ucapnya yang diiringi oleh tepuk tangan dari seluruh hadirin.

Setelah kegiatan pembukaan selesai, dilaksanakan pelepasan kloter calon jamaah haji.

Kegiatan peragaan manasik haji ini berlansung tertib dan khidmat yang berakhir pada pukul 11.00 siang. Selama peragaan manasik haji ini, masing-masing kloter juga akan dinilai tata cara peragaan manasik hajinya yang dinilai oleh beberapa dewan juri yang tersebar di berbagai pos.

Diharapkan dengan dilaksanakannya peragaan manasik haji ini, dapat menanamkan nilai-nilai haji sejak dini sehingga lahir keinginan berhaji siswa-siswi untuk menyempurnakan keislaman nantinya. Amin