Pembukaan DIAZ Expo 2020 Spektakuler

Kota Jambi (dm) – Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi kembali menggelar Event Akbar tahunan. Adalah DIAZ Expo 2020, salah satu ajang pekan olah raga dan seni, yang dikemas secara apik dan harmoni. Event sekolah tahunan terbesar se-Provinsi Jambi ini, dimulai sejak pukul 8 pagi. Hadir pada event ini, para tokoh penting tingkat nasional, diantaranya Rektor Universitas Yarsi, Prof. dr. Fashli Jalal, Ph.D. S.P.Gk, yang hadir beserta istri, hadir pula aktivis indonesia, Eggi Sudjana beserta istri, serta Country  Manager Indonesia Cambridge University, Yusuf Seto.

Hadir pula pimpinan Diniyyah Putri Padang Panjang, Ibu Fauziah Fauzan El-Muhammady, SE., Akt, M.Si. , Pimpinan Diniyyah Putri Lampung, Gubernur Jambi, yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang politik Ashraf, Wali Kota Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Izhar Muzani. Kapolda Jambi yang diwakili oleh Dir Binmas Polda Jambi, Kombes Pol A. Gani, Serta seluruh rekanan Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi, Bungo dan Tebo, seperti dari Yamaha Musik, Penerbit Erlangga, Bank Muamalat dan lainnya.

Sosok wanita tangguh nan menginspirasi, yang merupakan pendiri Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar yakni Umi Dra. Hj. Rosmaini MS, M.Pd.I, turut pula menyaksikan rangkaian demi rangkaian acara pembukaan DIAZ Expo 2020. Turut hadir bersama Pendiri YPPD Al-Azhar, yakni Pembina Yayasan Buya DR. H. Maksum Malim, Lc., M.Pd.I.  Direktur Pendidikan YPPD Al-Azhar Jambi, H. M. Hafizh El Yusufi S.Pd.I., MM.  juga hadir bersama Wakil Pimpinan YPPD Al-Azhar Bungo, H. M. Zulfadhli El Yusufi, Lc., M.Pd. dan Wakil Direktur Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi H.M. Abd. Muhaimin El Yusufi, B.Sy.E., M.E.

Para tamu undangan disambut dengan atraksi menggemaskan dari Pasukan Army Soldiers, yang tampak cerah dengan kostum merah mereka, mengantarkan para tamu undangan menuju panggung kehormatan. Para tamu undangan juga mendapat kehormatan dengan pengalungan bunga oleh putra-putri DIAZ Jambi.

Tari persembahan dari siswa siswi DIAZ Jambi juga menyambut hangat kehadiran para tamu undangan dalam perhelatan akbar Diaz Expo 2020. Perpaduan seni gerak yang selaras dengan hentakan irama musik nusantara dibawakan dengan apik oleh siswa dan siswi gabungan dari SDIT, SMPIT, dan SMAIT Diniyyah Al-Azhar Jambi.

Penampilan Asmaul  Husna yang berkolaborasi dengan Pianika dan Recorder pun tampak memukau mata hadirin dalam Pembukaan DIAZ Expo 2020. Penampilan kolaborasi dari siswa dan siswi international tersebut merupakan salah satu wujud suksesnya penerapan kurikulum musik dari Yamaha Musik di Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi. Dipandu oleh tiga orang Master Of Ceremony dengan suara yang menggelegar, pembukaan DIAZ Expo 2020, berlangsung spektakuler.

Sebagai salah satu Sekolah yang menerapkan kurikulum Azhari Mesir, Perguruan Diniyyah Al-Azhar juga memiliki siswa dan siswi yang tahfidz Quran. Pada DIAZ Expo 2020 ini juga ditampilkan Tilawah oleh siswa dan siswi SDIT DIAZ Jambi. Yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari DIAZ Bungo Choir yang membawakan lagu Indonesia Raya dan Maskot DIAZ. Serta penampilan Kalam Jama’l Bahasa Arab OSDIAZ Junior SDIT DIAZ Jambi.

Pada momen ini juga ditampilkan siswa dan siswi berprestasi yang digabung dalam DIAZ star. Mereka adalah peraih juara dalam berbagai perlombaan yang telah mengharumkan nama Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi.

Ketua Panitia DIAZ Expo 2020 Jumadi S.Sy., M.H. dalam laporannya memaparkan, DIAZ EXPO 2020 ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Diantaranya adalah beragam perlombaan, Hijab Fest, Aneka Bazar, Parenting Akbar, Reuni Akbar dan lain sebagainya.

Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar Jambi, H. M. Hafizh El Yusufi,  S.Pd.I., MM. menjelaskan DIAZ Expo 2020 mengusung tema “Together Build Indonesia”, yang artinya Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi, siap untuk menciptakan generasi penerus dan pemimpin-pemimpin terbaik, yang akan membangun Indonesia.

Gubernur Jambi, DR. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum.  dalam sambutannya yang dibacakan oleh  Staf Ahli Gubernur Bidang Politik, Asraf berharap dengan kegiatan DIAZ Expo ini, dapat dikembangkan berbagai kegiatan inovatif dan kreatif sehingga anak didik siap memasuki kehidupan global.

DIAZ Expo 2020 ini, dibuka langsung oleh Gubernur Jambi yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Staf Ahli Bidang Politik, Ashraf. Didampingi oleh  Direktur Pendidikan YPPD Al-Azhar, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Pada kesempatan ini pula dilakukan Penandatanganan MoU Cambridge, penyerahan piagam penghargaan dari Yamaha Musik, PT. Erlangga, PT. Mumtaz dan Bank Muamalat kepada YPP DIAZ.

Prof. dr. Fashli Djalal mengapresiasi gelaran DIAZ Expo 2020 yang mengkolaborasikan beragam budaya nusantara. Selain itu pula, kegiatan seperti ini, dapat meningkatkan skill para siswa dan siswi di Di   niyyah Al-Azhar Jambi.

Sebagai pamungkas performance pada DIAZ Expo 2020 ini, ditampilkan Spectacular Art Show, dengan performance Taekwondo, Pramuka Dance dan PMR. Serta aksi memukau dari bintang tamu terbaik dalam DIAZ Expo 2020 kali ini, adalah Performance Colaboration Marching Band, Colour Guard and Dance DIAZ Bungo.

Pada DIAZ Expo 2020 ini, juga sekaligus dilakukan peletakkan batu pertama pembangunan Swimming Pool yang terletak di belakang Lapangan Futsal, Komplek Perguruan DIAZ Jambi. Peletakkan Batu pertama pembangunan Swimming Pool DIAZ Jambi ini, dilakukan oleh Umi Dra. Hj. Rosmaini MS, M.Pd.I. Bapak Prof. dr. Fashli Djalal, Bapak Yusuf Seto, Bapak Eggi Sudjana, serta Ibu Fauziah Fauzan El-Muhammady, S.E., Akt, M.Si.