Kelas VI SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi Sukses Laksanakan (UAS) Ujian Akhir Semester II

Ujian Akhir Semester II (UAS) SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi dilaksanakan tanggal 11, 12, 15  dan 16 April 2019 yang dilaksanakan secara serentak diikuti seluruh siswa kelas 6. Sebelum pelaksanaaa UAS diadakan pengarahan terlebih dahulu dari kepala sekolah ibu Fatihah, S.Ag.

Total siswa SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi yang mengikuti Ujian Akhir Semester II sebanyak 173 orang siswa dengan menempati 9 ruang Ujian.  Setiap ruang ujian terdiri dari 20 siswa dan diawasi oleh 1 (satu) orang guru, sehingga pelakasanaan UAS ini layaknya pelaksanaan USBN. Ujian Akhir Semester II terselenggara berkat kerja sama antara sekolah dengan dinas pendidikan kota Jambi.

“Pada Kamis, 11 April 2019 mapel yang di-UAS-kan adalah Tema F dan Tema G, pada hari Jum’at, 12 April 2019 mapel yang di-UAS-kan adalah Tema H dan Tema I, pada hari Senin, 15 April 2019 Mapel yang di UAS kan adalah PAI dan PJOK sedangkan pada hari terakhir Selasa, 16 April 2019 Mapel yang di UAS kan adalah Matematika.

Selama pelaksanaan UAS para guru mengingatkan siswa-siswanya mengerjakan soal-soal UAS dengan baik dan benar. Seperti , mengisi kolom nama peserta, asal sekolah, tanggal dan mata pelajaran.

Ujian Akhir Sekolah sangat penting bagi siswa dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi be USBN sekaligus untuk pengisian Raport semester genap. Oleh sebab itu, guru maupun wali murid diperlukan kerja sama untuk memotivasi dan mendorong anandanya untuk mengikutinya dengan serius dan menganggap UAS ini sebagai ujian yang sebenarnya.

Soal UAS memang tidak bisa ditebak sama atau tidak dengan soal USBN, yang pasti soal disusun berdasarkan materi yang telah dipelari di semester dua..

Lalu, apa manfaat UAS bagi siswa?

1. Mengasah keterampilan mengerjakan soal-soal ujian

2.Melatih pola pikir siswa untuk menghadapi segala kemungkinan bentuk soal USBN

3.Menguji kemampuan dasar siswa untuk menghadapi USBN

4.Meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuannya melaksanakan USBN

5.Sekaligus meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang akan di-USBN-kan.

Dengan memetik kelima manfaat tersebut,  siswa benar-benar siap menghadapi USBN tanpa tekanan mental yang berarti dan siswa lulus dengan hasil yang memuaskan.