Kelas 3 SDIT DIAZ Jambi Kunjungi Taman Anggrek Sri Soedewi Jambi pada Kunjungan Edukatif

Senin, 8 April 2019, siswa-siswi kelas 3 SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi. Melakukan kunjungan edukatif  ke Taman Anggrek Sri Soedewi Jambi yang terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Kunjungan edukatif ini adalah salah satu program pembelajaran outing class yang telah diagendakan dari sekolah. Peserta yang terlibat dalam kunjungan edukatif ini adalah semua guru level kelas 3 beserta siswa/siswi dengan total anggota yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 87 siswa/siswi, 6 orang guru pendamping yang terlibat kegiatan tersebut berkumpul di pendopo Taman Anggrek Sri Soedewi pada pukul 07:15 WIB. Guru  mengarahkan siswa/siswi untuk berbaris perkelas. Kemudian kegiatan dimulai  dengan membaca janji pelajar islam, muro’jaah surah-surah pendek. Kemudian dilanjutkan dengan berdo’a semoga kegiatan yang akan dilaksanakan berjalan lancar atas ridho Allah SWT.

Selanjutnya dimulai kegiatan lomba rangking 1, yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok putra dan kelompok putri. Dari masing-masing kelompok ini akan diambil 3 peserta terbaik yang bertahan sampai babak penyisihan. Tibalah penentuan juara rangking 1 putra/putri, juara I diraih ananda Rifki (3D), juara II diraih ananda Raki (3D) dan juara III diraih ananda Fatih (3E). Kemudian juara rangking I putri, juara I diraih ananda Anindya Pramitha (3F), juara II Ananda Zizi (3D) dan juara III diraih ananda Khansa (3E).

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian doorprize bagi siswa/siswi yang belum berhasil dalam perlombaan rangking I. Berikut nama-nama siswa yang berhasil memdapatkan doorprize yaitu, Safran, Safiq, Vira, Nada (3A), Fara, Quensa (3B), Aria, Aldi, Queen (3C), Febrian Alvino, Naurah Cahya Dewi, Salsabilla, Daniiyah (3F).

Setelah selesai pemberian hadiah dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya yaitu mengenal flora dan fauna yang terdapat kawasan Taman Anggrek. Flora yang terbanyak didominasi oleh tumbuhan anggrek. Sedangkan fauna yang terlihat seperti burung-burung, tupai, monyet dan ikan-ikan yang hidup damai di sepanjang kolam Taman Anggrek Sri Soedewi Jambi.

Tujuan dari rangkaian kegiatan ini adalah melatih ketangkasan, kecerdasan dan menambah wawasan pengetahuan siswa/siswa dengan memperkenalkan kepada siswa/siswa karakteristik tumbuhan anggrek dari berbagai jenis anggrek liar yang sering ditemukan di dalam hutan dan anggrek yang dapat hidup di tanah. Anggrek liar, seperti anggrek Arundina, anggrek Acriopsis dan anggrek Bolbophyllum. Sedangkan untuk jenis anggrek yang ditanam di tanah, contohnya anggrek emma story, anggrek vanda macan, anggrek Ocidium, anggrek silang, anggrek Phalaenipsis serta cara bercocok tanam dan perawatan anggrek tersebut.