Kunjungan Study Edukatif Level Kelas IV di “Taman Rimba Zoo” Jambi

Jambi – Level kelas IV SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi melakukan kunjungan edukatif  ke Taman Rimba Zoo Jambi yang terletak di Jl. Sunaryo, Kecamatan Jambi selatan, Kota Jambi (10/10/2019). Kunjungan edukatif ini adalah salah satu program pembelajaran outing class yang telah diagendakan dari sekolah.

Peserta yang terlibat dalam kunjungan edukatif ini adalah semua guru level kelas IV beserta siswa/siswi dengan total anggota yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 107 siswa/siswi , 8 orang guru pendamping, 1 orang perawat dan 1 orang satpam yang terlibat kegiatan tersebut, berkumpul di lapangan sekolah pada pukul 07:15 WIB. guru  mengarahkan siswa/siswi untuk berbaris  perkelas. Kemudian kegiatan dimulai  dengan membaca janji pelajar islam, muro’jaah surah-surah pendek. Kemudian dilanjutkan dengan  pembukaan yang dibuka oleh ustadz umar dalam rangka perlepasan siswa/siswi dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh ustadz Adib hidayatullah do’a dipanjatkan bertujuan semoga kegiatan yang akan dilaksanakan berjalan lancar atas Ridho Allah SWT. Tepat pukul 09:00 WIB keberangkatan dimulai dari SD IT DINIYYAH AL-AZHAR Jambi Menujuh Taman Rimba Zoo Jambi.

Kegiatan pertama diawali dengan mengerjakan fortofolio  dan mengamati yang bertujuan untuk mengenal flora dan fauna yang terdapat kawasan taman rimba. Flora yang terdapat dikawasani ini seperti pohon akasia, beringin, jambu biji, bambu, pinus, mangga dan mahoni. Sedangkan fauna yang terlihat seperti berbagai jenis burung-burung, harimau, monyet, ular, tapir, rusa, buaya, ikan, gajah, orang hutan, kangguru dan singa. yang hidup damai disepanjang kawasan Taman Rimba Zoo Jambi. Kegiatan kedua lomba tebak nama fauna.

Tujuan dari rangkaian kegiatan diatas adalah melatih ketangkasan, kecerdasan dan menambah wawasan pengetahuan siswa/siswa dalam mengenal nama-nama fauna langkah yang ada di Taman Rimba Zoo Jambi. Memperkenalkan kepada siswa/siswa karakteristik hewan dari berbagai jenis fauna langkah yang sekarang keberadaan yang mengancam kepunahan akibat pemburuan liar. Seperti harimau sumatera, singa, orang hutan, rusa, tapir. serta cara pemeliharaan dan perawatan hewan-hewan tersebut .