Kolaborasi Aksi Desinfeksi di Diniyyah Al-Azhar Jambi Bersama ACT Jambi

Jambi (dm) – Sebagai upaya pencegahan virus Covid-19 Atau corona virus diseases 2019 di Diniyyah Al-Azhar Jambi Senin siang (23/03/20) dilakukan Kolaborasi Aksi yang digawangi oleh Masyarakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (MRI-ACT) Jambi bersama PMI, Warsi, Genpro, Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI), Panther Mania, Indonesia Of Nissan Terrano (IONT), dan Srikandi Pemuda Pancasila Jambi.

Kolaborasi aksi ini diawali dengan pengarahan dari tim ACT Jambi. Tim yang terbagi menjadi tiga Ini pun segera tanggap melakukan desinfeksi dari berbagai gedung yang ada di Diniyyah Al-Azhar Islamic Education Centre Jambi. Mulai Dari gedung Makkah, Jeddah, Madinah, Shafa, Arafah, Mina, Muzdalifah, Hingga Masjid Diniyyah Al-Azhar Jambi.

Anggota tim Kolaborasi Aksi ini menggunakan pelindung dan juga peralatan desinfeksi lengkap. Mulai dari Sprayer berukuran besar, hingga alat semprot yang berisi disinfektan.

Desinfeksi ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jambi, khususnya di sekolah. Seperti Halnya Di Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi ini. Ketua Bidang Penanganan Bencana dan Pelayanan Sosial Palang Merah Indonesia (PMI) Jambi, DR. Tedjo Sukmono, S.Si., M.Si. mengatakan sesuai dengan protokol dari PMI Pusat pihaknya menurunkan tim untuk terus bergerak melakukan penyemprotan desinfektan dan bertindak dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

“Sekarang ini sudah kali ketiga Desinfeksi, diawali dari Masjid Agung Al Falah, Pertamina dan saat ini di Al-Azhar, penyemprotan akan terus dilakukan di area-area publik, seperti terminal, tempat ibadah, seperti Gereja dan Masjid, Pasar dan lain-lain.” ujar Dr. Tedjo.

Dengan kondisi Jambi yang telah berada di posisi siaga, tentunya membuat Diniyyah Al-Azhar Jambi turut siaga dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, salah satunya adalah dengan menghubungi ACT Jambi untuk dilakukan sterilisasi di area Diniyyah Al-Azhar Jambi. Branch Manager ACT Cabang Jambi, Ilham Reza Fahlevi menjelaskan bahwa saat ini posisi Jambi berada di level siaga, sehingga dikhawatirkan akan banyak yang menjadi ODP dan PDP sehingga berbagai upaya pemberantasan Covid-19 ini terus dilakukan, termasuk pula dengan Kolaborasi Aksi Desinfeksi ini.

“Dengan kondisi empat hektar luasan area Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi, tim Kolaborasi Aksi dari PMI dan ACT berupaya semaksimal mungkin melakukan sterilisasi desinfeksi secara menyeluruh di DIAZ Jambi.” pungkasnya.

Sementara, Direktur Pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Jambi, H. M. Hafizh El Yusufi, S.Pd.I., MM. berterimakasih atas pelaksanaan Kolaborasi Aksi dari MRI-ACT, PMI, dan pihak-pihak lainnya dalam upaya sterilisasi area Perguruan DIAZ Jambi.

“Alhamdulillah, ini merupakan bentuk kepedulian ACT yang memang terbukti cepat dan tanggap dalam menyikapi berbagai permasalahan yang ada di dunia, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia. Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh ACT sehingga dengan telah disterilisasinya seluruh ruangan yang ada di DIAZ Jambi ini” ungkapnya.

Selain peduli dan cepat tanggap akan kesehatan masyarakat umum, tim Kolaborasi Aksi dari ACT-MRI dan PMI ini juga sangat peduli dengan kesehatan diri mereka masing-masing. Seperti halnya ketika akan beristirahat dan makan siang bersama di pendopo Ahmad Riyadi, seluruh tim yang terlibat mencuci tangan serta disemprot dengan disinfektan. Usai makan bersama dalam nuansa kebersamaan antara Direktur Pendidikan DIAZ Jambi dan tim Kolaborasi Aksi, sebagai ungkapan terimakasih kepada tim Kolaborasi Aksi ini pun diberikan bingkisan khas DIAZ Jambi.

_____
Info seputar DIAZ Jambi :
IG : @alazharjambi
FB : Diniyyah Al-Azhar
Website: www.alazharjambi.com