“Kampoeng Radja Goes to School”

Alam Barajo (dm) – Sabtu pagi (08/02) puluhan bus online telah berjejer di halaman Perguruan Diniyyah Al Azhar Jambi. Bukan lantaran sepi penumpang dan lantas berdemo, namun kehadiran bus yang biasa dijuluki ‘Tayo’ oleh masyarakat Tanah Pilih Pusako Betuah ini, hanya untuk mengantarkan ratusan siswa dan siswi SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar Jambi, yang akan mengikuti kegiatan di luar sekolah.

Sebagai salah satu lembaga yang mulai menginjak fase taraf Internasional atau World Class Institution, kegiatan outing class, kerap dilaksanakan oleh Diniyyah Al Azhar. Seperti halnya hari ini, para siswa SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar Jambi dilibatkan dalam kegiatan ‘KR Goes to School’ Kampoeng Radja Go To School.

Ratusan siswa kelas tujuh, delapan, sembilan, sepuluh, sebelas ,dan dua belas dari SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar Jambi ini, tampak tertib masuk ke salah satu pusat wisata keluarga di Kota Jambi tersebut. Didampingi oleh para guru dan sejumlah pihak sekolah, para siswa Al Azhar membuktikan bahwa mereka adalah siswa dan siswi yang memiliki adab ketika berada di luar sekolahnya.

Mereka diajak berkumpul bersama di salah satu lapangan rumput untuk mendengarkan pengarahan singkat dari Kepala SMPIT dan SMAIT Al Azhar Jambi, yakni Rini Kartini S.Ag. Antusiasme ditunjukkan oleh para siswa dan siswi SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar Jambi. Mereka dengan seksama menyimak pengarahan tersebut.

Gemuruh yel-yel nan bersemangat, menambah semarak kegiatan KR go to school bersama SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar Jambi ini.

Bekerjasama dengan Taman Wisata Kampoeng Radja, para siswa dan siswi juga diajak bermain games seru. Yakni games Rangking Satu. Dipandu langsung oleh Kak Suci dan Kak Amel dari Kampoeng Radja, para siswa dan siswi ini terbagi oleh tim putra dan tim putri. Untuk menentukan pilihan pertanyaan games Rangking Satu tersebut. Games Rangking Satu disini menggunakan sistem gugur, siapa yang tidak tepat memilih sisi benar atau salah pernyataan dan pertanyaan dari tim Kampoeng Radja maka harus rela mundur dan tidak ikut permainan lagi.

Terdapat dua sisi pilihan yang ditandai dengan dua plang nama bertuliskan ‘benar’ dan ‘salah’. Namun plang inilah yang justru menentukan jawaban para siswa. Mereka diuji dengan berbagai macam ilmu pengetahuan, mulai dari ilmu pengetahuan sosial, ilmu pengetahuan alam, matematika, Bahasa Inggris, kekompakan dan keterampilan, hingga pelajaran Agama.

Namun tetap saja, yang menjadi juara adalah ia yang paling akhir berdiri dengan pendiriannya, kecerdasan, dan ketepatan dalam setiap jawabannya. Ialah Gusti Maharani, siswi SMAIT Diniyyah Al Azhar, kelas XII IPS. Ia sempat adu kecepatan menjawab pertanyaan head to head dengan temannya Larasati. Namun atas kecepatan menjawab dari gadis yang biasa disapa Rani itulah yang menjadikannya juara pada games Rangking Satu kali ini. Rani mendapatkan piala dan hadiah dari Kampoeng Radja.

Selain game Rangking 1, ada juga game adu kekompakan antara tim putra dan tim putri. Lomba menyusun menara kayu, yang mana pada lomba ini dimenangkan oleh tim putra yang dipimpin oleh Zahid Buchori.

Usai games Rangking Satu berakhir, para siswa dan siswi SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar pun dibebaskan menjajal setiap wahana di Kampoeng Radja. Mereka pun bergembira, menguji adrenalin dengan outbond dan flying fox. Tak hanya itu, wahana perahu air juga mereka coba satu persatu.

Kepala SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar Jambi Rini Kartini, S.Ag. menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mengenalkan kepada anak didik akan arti penting belajar di alam terbuka.

“Tujuan dari kegiatan ini, untuk membangun sikap kemandirian dari siswa kita, kemudian mengasah kekompakan antara guru dan siswa, dan tentunya untuk melatih adab mereka dimanapun mereka berada” paparnya.

Selain itu pula, Rini menambahkan, KR goes to school ini juga untuk membangun kreativitas siswa SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar Jambi. Diharapkan kedepannya kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana dan terus memberikan banyak hal positif bagi siswa dan guru di SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar Jambi.

KR goes to school SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al Azhar Jambi ini, diakhiri dengan makan bersama dan sholat berjamaah, sebelum para siswa dan guru pulang ke rumahnya masing-masing.