Guru PAUD Tanjabtim Belajar di Diniyyah Al Azhar Jambi

Selama Tiga hari, para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mengujungi Diniyyah Al Azhar Jambi, dengan tujuan untuk magang dan belajar lebih lanjut bagaimana penerapan pembelajaran di sekolah tersebut.

” antinya ilmu yang mereka terima akan dikembangkan di PAUD masing-masing,” ujar Direktur Diniyyah Al Azhar Jambi, M. Hafidz El-Yusufi, Jumat (8/3).

Hafidz menyebutkan, dirinya juga sempat memberikan materi kepada guru guru yang berkunjung, yakni tentang perkembangan dan cara belajar anak, serta manajemen pengelolaan PAUD.

Dikatakan Hafidz, tujuan kunjungan tersebut adalah sebagau upaya meningkatkan SDM dan Kompetensi para guru dalam mengajar, selain itu dalam memberikan pelayanan dan kualitas PAUD sendiri.

“PAUD bukan hanya lembaga pendidikan tempat anak bermain, tetapi mengembangkan motorik anak,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, peran dan fungsi guru dalam pelaksanaan pendidikan harus berperan layaknya orangtua di sekolah, sehingga anak merasa nyaman dan aman seperti berada di rumah sendiri.

“Jadi anak betah berada di sekolah,” kata Hafidz.

Lebih lanjut Hafidz mengatakan, dirinya juga menjelaskan beberapa tahapan perkembangan anak usia 0 hingga 11 tahun, serta mengenali tipe dan karakter anak bidang kecerdasan anak itu sendiri.

“Jadi peran orangtua dan guru sangat penting dalam tumbuh kembang anak,” tandasnya.