Diniyyah Al-Azhar Jambi Siap Laksanakan New Normal

Sei. Kambang, Kota Jambi (dm)-Diniyyah Al-Azhar Islamic Education Centre Jambi, telah siap menghadapi kehidupan baru atau New Normal pasca pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh DIAZ Jambi, agar siswa dan siswi dapat menjalankan tahun ajaran baru dengan lancar, namun tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Ketua Gugus Covid-19 DIAZ Jambi Safni Yulianti menjelaskan, berbagai persiapan telah dilakukan. “Diawali dengan prosedur pemeriksaan di depan gerbang sekolah. Setiap pengunjung yang hendak masuk ke Sekolah wajib mengikuti prosedur ini. Yakni mengenakan masker, mencuci tangan di wastafel yang disediakan, melakukan screening suhu tubuh agar tidak melebihi suhu normal yang disarankan, hingga melewati bilik desinfektan yang menggunakan bahan yang aman.” jelasnya.

Tidak hanya itu, protokol kesehatan juga diterapkan di berbagai fasilitas umum yang terdapat di DIAZ Jambi. Seperti halnya di Masjid, Tatat Usaha, DIAZ Bank, Kantin, Dapur, Minimarket, dan berbagai fasilitas lainnya. Menginstruksikan warga sekolah melakukan cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol, dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) lainnya seperti: makan jajanan sehat, olah raga teratur, dan membuang sampah pada tempatnya
Sementara untuk proses belajar mengajar sendiri, DIAZ Jambi juga telah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan keamanan dan kesehatan siswa, tentunya sesuai dengan prosedur yang berlaku. Setelah melewati protokol kesehatan masuk ke komplek DIAZ, dalam proses belajar mengajar juga menerapkan pembatasan jumlah siswa dalam kelas, yang hanya diperbolehkan 15 orang per kelas. Hal ini sebagaimana yang dipaparkan oleh Kepala Divisi Pengajaran DIAZ Jambi, Rini Kartini, S.Ag.

Selain itu di masing-masing ruangan juga disediakan sarana cuci tangan menggunakan air dan sabun. pihak sekolah juga membatasi berjabat tangan. serta Memberikan himbauan kepada warga sekolah yang sakit dengan gejala demam/batuk/ pilek/sakit tenggorokan/sesak napas untuk mengisolasi diri dirumah dengan tidak banyak kontak dengan orang lain.

Protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh DIAZ Jambi ini mendapat apresiasi dari orang tua siswa DIAZ Jambi. Sehingga diharapkan penerapan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi ini, dapat membuat DIAZ Jambi beserta dan kegiatan belajar mengajar kembali berjalan normal seperti sedia kala.