Diniyyah Al-Azhar Bungo, Jambi dan Tebo Laksanakan Training Guru Ke-Al-Azharan

Di tahun 2019 ini perguruan-perguruan yang ada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah (YPPD) Muara Bungo yakni Perguruan Diniyyah Al-Azhar Bungo, Jambi dan Tebo resmi akan menggunakan Kurikulum Al-Azhar Al-Sharif Mesir untuk siswa kelas I SD, kelas VII SMP/MTs dan kelas X SMA/MA tahun pelajaran 2019/2020.
Setelah penandatanganan MoU antara Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah (YPPD) Muara Bungo dan Yayasan Cakrawala Insan Azhari (YCIA) pada Grand Opening DIAZ Expo 2019 tanggal 28 Februari 2019 yang lalu, kini YPPD Muara Bungo terus berupaya meningkatkan potensinya dalam mengimplementasikan kurikulum Al-Azhar Al-Sharif Mesir.
Beberapa langkah yang telah dilakukan YPPD Muara Bungo diantaranya:

  1. Mengikuti kegiatan Seminar Sosialisasi dan Bedah Kurikulum Al-Azhar Al-Sharif Mesir di Jakarta pada tanggal 9-10 Maret 2019;
  2. Silaturrahmi dan Kunjungan ke Al-Azhar Al-Sharif Mesir tanggal 19 Maret – 1 April 2019;
  3. تجربة الأساتذة في مناهج الأزهر الشريف في معاهد الدينية الأزهر جامبي – بنغو – تيبو Training Guru Ke-Al-Azharan tentang Kurikulum Al-Azhar Al-Sharif Mesir yang dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 10 April 2019 di Aula Soekarno DIAZ Jambi;
  4. Silaturrahmi dan Kunjungan ke Al-Azhar Kairo Palembang tanggal 11 April 2019.

Dalam kegiatan training guru ke-Al-Azharan selama 3 hari ini Murobbi/Murobbiyah dari 3 Perguruan Diniyyah Al-Azhar Bungo – Jambi – Tebo dibekali ilmu yang disampaikan langsung oleh guru kita dari Mesir, Syeikh Muhammad Husaini Al-Faraq dan dari Yayasan Cakrawala Insan Azhari (YCIA) Ust. H. Mukhtar Sudibyo, Lc, MA dan Ust. Hendra Wijaya, MA.

Selain penyampaian materi dari narasumber, peserta training juga diarahkan untuk berdiskusi sesuai level unitnya masing-masing dan sharing bersama sehingga satu visi dan tujuan dalam mengaplikasikan kurikulum Al-Azhar Al-Sharif Mesir di Diniyyah Al-Azhar Bungo, Jambi dan Tebo.

Adapun 4 prinsip Tholabul ‘Ilmi yang telah disampaikan Bapak Direktur Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi yaitu:

  1. Menghilangkan kebodohan diri sendiri;
  2. Menghilangkan kebodohan orang lain;
  3. Menjaga ilmu;
  4. Mengaplikasikan / Mengamalkan ilmu.

Semoga dengan kegiatan training ini, seluruh Murobbi/Murobbiyah Diniyyah Al-Azhar dapat terus meng-upgrade meningkatkan potensi dan kualitas diri masing-masing baik di bidang Tahfizhul Qur’an dan Bahasa Arab dan juga dapat mengaplikasikan kurikulum Al-Azhar Al-Sharif Mesir di lingkungan Perguruan Diniyyah Al-Azhar Bungo – Jambi – Tebo untuk tahun ajaran 2019/2020.

Semangat Berjuang, Yakinlah Kita Bisa, Man Jadda Wajada. (RPH)