DIAZ Care Sekolah Bahagia MTs Baluase Kab. Sigi

Alhamdulillah, Diniyyah Al-Azhar melalui DIAZ Care mengawali programnya dengan mendatangi MTs Al-Khairat Baluase yang terletak di Kec. Dolo Selatan Kab. Sigi, Sulawesi Tengah. Kunjungan ini terlaksanan dengan bantuan perantara dari salah satu relawan LAZDASI NTB, Ust. Hanan Yusron.
Perjalan menuju lokasi menghabiskan waktu sekitar 1 jam dari Kota Palu. Di sepanjang perjalanan Nampak rumah dan jalan yang rusak akibat gempa yang mengguncang pada 28 September yang lalu. Jalan menuju lokasi banyak yang hancur dan amblas sehingga sedikit menghambat perjalanan rombongan kesana.
Sesampainya di MTs Al-Khairat Baluase, rombongan disambut oleh Kepala Sekolah, Guru dan siswa-siswi. Adapun jumlah siswa-siswi di MTs Baluase ini berjumlah 365 peserta didik. MTs Baluase mengalami kerusakan yang parah tapi tidak semuanya hancur. Namun melihat kondisi sekarang sudah tidak layak lagi untuk dipakai karena sangat rentan runcuh pasca gempa. Tim DIAZ Care juga berinteraksi dengan beberapa siswa menanyakan bagaimana kronologi gempa yang terjadi pada saat itu.
MTs Al-Khairat merupakan 1 dari ratusan sekolah yang hancur diguncang gempa. Di sekitarannya banyak rumah dan masjid yang hancur luluh lantak. Banyak volunteer dari dalam dan luar negeri. Camp dengan tenda tenda yang berdiri di satu lokasi juga sudah banyak didirikan.
Diniyyah Al-Azhar memilih mengambil peran dengan mendirikan Sekolah Bahagia alias sekolah dengan bangunan sementara untuk mengantisipasi ketidakmaksimalan dalam proses KBM di sekolah.
Alhamdulillah, bantuan sudah diberikan dan dilanjutkan dengan ke beberapa sekolah lainnya.
Terimakasi kepada ananda siswa-siswi, majelis guru dan karyawan, mahasiswa dan seluruh keluarga besar Diniyyah Al-Azhar atas donasinya kepada saudara-saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala.
Salam dan ucapan terimakasih pun disampaikan dari siswa dan siswi MTs Al-Khairat untuk Diniyyah Al-Azhar.
Barokallahu lana wa lakum.