Diniyyah Al-Azhar Perkuat Penerapan Kurikulum Al-Azhar Asy-Syarif Mesir

Jambi (dm)- Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah (YPPD) yang menaungi Diniyyah Al-Azhar Jambi, Bungo dan Tebo, membekali seluruh guru agamanya agar lebih maksimal dalam menerapkan kurikulum Al-Azhar Mesir.

Selama dua hari berturut-turut, tapatnya pada tanggal 1-2 November 2019, Diniyyah Al-Azhar mengadakan pelatihan untuk para guru agama yang diisi oleh syeikh Ahmad Yusuf didampingi oleh perwakilan dari Yayasan Cakrawala Insan Azhari (YCIA) selaku lembaga yang dipercaya sebagai penanggung jawab penerapan kurikulum Al-Azhar Mesir di Indonesia.

Pelatihan yang dihadiri oleh lebih dari 40 orang guru agama dari Diniyyah Al-Azhar Jambi, Bungo dan Tebo itu berlangsung di aula Soekarno, dalam lingkungan sekolah Diniyyah Al-Azhar jambi. Acara bermula dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00. Meskipun pelatihan itu tergolong lama, namun antusias para guru membuat acara tersebut terasa singkat. Apalagi dengan pemateri seorang syeikh dari Mesir yang sangat mendalami seluk beluk pendidikan di Al-Azhar Cairo-Mesir, dengan lugas beliau mengajarkan bagaimana cara menyampaikan pelajaran dengan tingkat kesulitan dan kualitas yang tinggi kepada siswa dengan cara yang mudah dan menarik.

“ Sebelum saya mengikuti pelatihan ini, saya meresa kesulitan meanyampaikan meteri ke anak-anak. Soalnya kan materi kurikulum Azhari ini tinggi sekali, buku-buku pelajarannya langsung dikirim dari Mesir, Menggunakan full bahasa arab tanpa ada harokatnya. Ya namanya juga bukunya orang arab ya. Sedangkan anak-anak kita ini basic bahasa arabnya masih kurang. Tapi alhamdulillah, tadi kami banyak belajar dari syeikh cara mengajarkan ke murid-murid. Kami yakin insya Allah bisa.” Tutur salah seorang peserta pelatihan itu.

Dengan adanya pelatihan itu, keseriusan Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah dalam mensukseskan penerapan kurikulum Al-Azhar Cairo-Mesir ini semikin terlihat. Pelatihan seperti ini akan terus dilaksanakan secara rutin setiap beberapa bulan sekali dengan tujuan mengevaluasi jalannya kegiatan belajar mengajar dikelas dan pendalaman kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran.

Diniyyah Al-Azhar Jambi, Bungo dan Tebo saat ini menjadi sekolah dengan pendidikan yang setara dengan sekolah-sekolah Al-Azhar yang ada di Mesir secara kualitas. Dengan begitu Diniyyah Al-Azhar menjadi solusi yang tepat bagi siswa siswi provinsi Jambi ingin melanjutkan  study ke Universitas Al-Azhar Cairo-Mesir.

Siswa dan siswi lulusan Diniyyah Al-Azhar yang mendaftar pada tahun ajaran 2019/2020 akan mendapatkan rapor dan ijazah Al-Azhar Mesir. Sehingga mereka dapat melanjutkan study di Mesir tanpa adanya tes terlebih dahulu. Bahkan Diniyyah Al-Azhar telah bekerjasama dengan Yayasan Cakrawala Insan Azhari (YCIA), untuk memberikan biasiswa full bagi beberapa orang siswa yang ingin melanjutkan sekolahnya di Mesir.