Anak dari Surga Menuju Surga

Parenting merupakan suatu program sekolah untuk menciptakan komunikasi yang harmonis antara pihak sekolah dan orang tua  demi untuk mewujudkan anak yang berkarakter, berakhlak, mampu berinovasi dan berkompetisi dengan siswa baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Sabtu, 24 September 2016 Perguruan Al-Azhar Jambi telah melaksanakan kegiatan parenting dengan tema “Anak dari Surga Menuju Surga”, yang dilaksanakan di Masjid Al-Azhar Jambi pada pukul 09.00 WIB sampai selesai dengan Pembicara Ibu Ida S Widayanti, M.Pd.I selaku pakar parenting sekaligus penulis tetap pada rubrik Jendela Keluarga Majalah Suara Hidayatullah.

Kehidupan tanpa kematian, kesenangan tanpa penderitaan, kekayaan tanpa kemiskinan, kesempurnaan tanpa cacat, kebahagian tanpa kesedian, kehormatan tanpa kerendahan dan pengetahuan tanpa kealfaan. Itulah tujuh elemen SURGA yang akan abadi dan tidak akan pernah hilang, karena surga terlalu bernilai, tentu akan mudah untuk mendapatkannya, diperlukan perjuanagan keras, kesabaran, kesyukuran, dan ilmu sebagai bekal persoalan, kesulitan, dan masalah dalam mendidik anak adalah tantangan sekaligus investasi orang tua untuk meraih surga karena hanya surgalah tempat kembali yang layak untuk orang tua dan anak-anaknya, kalau bukan ke surga hendak kemana kita labuhkan kehidupan kelak?

            Surga adalah tempat asal anak-anak, maka sesungguhnya Allah SWT telah membekali potensi untuk meraihnya berupa : kejujuran, kepolosan, ketulusan, kelembutan, kesucian, keuletan, sifat pemaaf, serta fitrah kesucian juga ruh mulia pada seorang anak sesungguhnya kita orang tua semestinya banyak bercermin dan belajar dari keseharaian anak-anak.

Pada kegiatan parenting kali ini, Beliau juga banyak berbicara tentang bagaimana seorang Ayah/Ibu berkomunikasi yang baik kepada anak-anaknya, atau seorang guru bisa berkomunikasi dengan siswa-siswinya tanpa harus menggunakan suara yang keras.

Kegiatan partenting kali ini juga mengajarkan kepada kita untuk berkomunikasi yang baik kepada anak atau siswa dengan 4 cara berkomunikasi diantaranya menyampaikan informasi dengan sabar, lemah lembut, dan penuh perhatian, kedua, menyampaikan informasi dengan cara mendidik sehingga anak/siswa yang mendapatkan informasi merasa untuk belajar kembali, ketiga, menyampaiakan informasi dengan cara membujuk, dan keempat, menyampaikan informasi dengan cara menghibur, sehingga anak/siswa yang mendapatkan informasi merasa tidak digurui.

Pada kesempatan kali ini pemateri juga menyampaikan tentang efek dari kecanduan gadget,  yaitu terhadap fisik, emosional dan moral. Secara fisik memainkan gadget dapat menurunkan aktivitas gerak sehingga mengakibatkan obesitas. Bisa juga terjadi ketidakseimbangan hormonal dan metabolisme yang bisa mengiring terjadinya serangan jantung prematur. Selain itu, cahaya dan radiasi bisa menyebabkan problem visual seperti kelelahan mata, sakit kepala, bahkan penglihatan kabur, dan perubahan bentuk tubuh seperti punggung bungkuk.

Secara emosional anak menjadi tertutup, kurang bergaul, sulit bersosialisasi dan interaksi sosial, sehingga mengakibatkan tidak percaya diri. Anak bisa mengalami kecemasan, depresi, dan cepat marah. Bisa juga terjadi bullying, dan kekerasan verbal lainnya. Penyimpangan moral bisa terjadi saat anak mengkonsumsi hal-hal pornografi, kekerasan dan kriminal.

Banyak hal yang didapat oleh orang tua dan guru dari kegiatan parenting kali ini, semoga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat untuk pembelajaran dan aplikasi kedepannya. Semoga Perguruan Al-Azhar Jambi bisa selalu mendatangkan pakar-pakar parenting yang sangat berkompeten di bidang parenting, sehingga komunikasi antara orang tua dan sekolah dapat terjalin dengan baik. Aamiin