Kurikuler

Kurikuler merupakan bentuk kurikulum yang mengacu pada kurikulum yang ditentukan oleh dinas pendidikan pusat secara umum seperti:

-       Pendidikan Agama Islam

-       Bahasa Indonesia

-       Pendidikan Kewarganegaraan

-       Ilmu Pengetahuan Alam

-       Ilmu pengetahuan Sosial

-       Matematika

-       Pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan

-       Pendidikan seni dan keterampilan

 Selain kurikulum dinas pendidikan yang diterapkan, sekolah dasar islam terpadu al-azhar juga menggunakan  kurikulum muatan lokal yang merupakan kurikulum tambahan untuk melengkapi keterpaduan kurikulum  antara kurikulum umum dan kurikulum agama islam, yang sebagian kecil panduan muatan lokal ini ada yang dibuat langsung oleh guru Sekolah dasar Islam terpadu al-azhar jambi. Adapun kurikulum muatan lokalnya adalah:

-          Pelajaran Tahfizul Qur’an

-          Baca tulis Qur’an /Pelajaran tajwid

-          Fiqh  atau praktek ibadah

-          Bahasa Arab

-          Bahasa Inggris

-          Sempoa

-          Pelajaran computer/TIK

Kelima belas bidang study ini merupakan pelajaran  wajib bagi anak-anak sekolah dasar islam terpadu Al-azhar jambi. Kesemua bidang study itu dipelajari terus setiap minggunya yang sudah dibagi dalam rouster pelajaran. Setiap materi yang sudah dikuasai atau dipelajari akan dievaluasi dalam bentuk tes tertulis dan praktek yang dinamakan dengan UJIAN FORMATIF yang dilaksanakan setiap dua bulan sekali, dalam satu semester tiga kali ujian formatif dan dalam sekali setahun mengadakan ujian formatif selama enam kali. Hasil ujian Formatif merupakan nilai asli dan murni yang ditulis dalam buku rapor formatif sebagai pedoman bagi siswa dan orang tua siswa dan guru  sejauh mana kemampuan siswa dalam menyerap materi yang sudah diberikan selama  dua bulan itu. Dengan adanya ujian formatif maka guru akan dapat mengukur kemampuan siswanya dalam menyerap materi, guru dapat membuat grafik perkembangan siswa setiap dua bulan sekali, dengan adanya grafik nilai tersebut guru bisa menentukan langkah selanjutnya untuk lebih meningkatkan proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan.