Study Intensif Guru “Optimalisasi Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Siswa”

“Thalabul ilmi fariidhotun ala kulli muslimiin wa muslimaat” HR. Abu Dawud.
Ada yang menarik suasana pada hari Jum`at di Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi. Siang itu tepat pukul 14.00 pm, terdengar pengumuman yang bersumber dari Information centre, “Attention please, for all of the teachers from kindergarten until senior high school, please gather in the Hall Soekarno for Teachers` Intensive Study, right now”. Seketika bergerombol datang bak haus akan Ilmu yang tiada lain adalah majelis guru Perguruan Diniyyah Al-Azhar Jambi dengan segera memasuki Hall Soekarno DiAz Jambi dengan penuh ceria dan sebagian sudah berada di Hall Soekarno DiAz Jambi tampak saling berdiskusi ringan, entah apa yang sedang mereka diskusikan.

Kegiatan SIG ini merupakan aktifitas rutin mingguan dan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan dari unit PAUD, SD IT, SMP IT, SMA IT hingga Dosen di Perguruan Tinggi. Kegiatan SIG “Optimalisasi Peran Guru Dalam Pembinaan Karakter Siswa”. Bersama Motivator Pendidikan Bapak Bahren Nurdin, SS. MA.
Materi yang disampaikan oleh Bapak Bahren Nurdin, SS. MA bahwa Prinsip dasar menjadi guru yaitu :
1. Fokuskan pikiran pada tugas kita sebagai guru, kosongkan dari hal-hal yang lain
2. Niat tulus yang hebat
3. Harus merubah mindset
4. Guru Zaman now harus melihat dari segala sudut, tidak sepotong-sepotong
5. Memiliki multi perspektif

Salah seorang guru mengungkapkan dengan adanya kegiatan SIG ini, banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh para guru “Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan SIG ini kita dapat berbagi ilmu, ber-tawasaw bil haq wa tawasaw bi sabr, serta membangkitkan kembali ingatan kita pada ilmu yang kita lupakan yang pernah kita pelajari sebelumnya dengan berbagi ilmu tersebut dengan guru dan karyawan lainnya.