Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Azhar Diniyyah (STITAD) dalam operasional telah mendapat izin dari dua departemen sekaligus, yaitu Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor DJ.II/20.06 tanggal 23-03-2006 dan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 616 tahun 2014.

Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah Muara Bungo Jambi diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang S1. Program tersebut diselenggarakan untuk menghadapi era globalisasi dengan segala tuntutan, kompleksitas masalah, ekses dan krisis yang dibawanya terhadap dunia pendidikan, krisis relijiusitas dan moralitas dewasa ini yang merupakan tantangan dunia pendidikan perlu untuk disikapi. Pendidikan guru kedepan bukan hanya menguatkan peran guru di kelas tetapi juga peran guru dalam kehidupan, baik dalam keluarga maupun masyarakat.

Untuk itu dibutuhkan tenaga pendidik profesional yang tidak hanya cerdas, pintar, terampil dan berpengetahuan akan tetapi juga relijius dan bermoral serta mampu menjadi teladan.

Program Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Azhar Diniyyah Jambi (SITAD) didesain untuk menjawab hal tersebut dengan peran serta menyediakan tenaga akademik profesional, terampil, relijius dan berakhlak mulia dengan dibekali pendidikan keluarga sakinah serta keterampilan kewirausahaan.

Visi

Visi STITAD Jambi adalah menjadi pusat persiapan tenaga pendidik profesional, peneliti serta pembangunan masyarakat yang relijius berlandaskan pada iman, ilmu, amal dan ihsan secara integral.

Misi

Misi STITAD Jambi adalah mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan keilmuan dan nilai-nilai pendidik, baik formal maupun informal, sehingga dapat berpengaruh dalam kehidupan, keluarga, masyarakat dalam tataran filosofis teoritis yang relijius dan berakhlak mulia.

Tujuan

  1. Menyelenggarakan tenaga pendidikan yang profesional, berdaya saing global, serta mampu terhadap perubahan dan tuntutan zaman.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang penuh pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menyiapkan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan teoritik dan praktik dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kegiatan Penunjang

  1. Tahfizhul Qur’an
  2. Training Leadership
  3. Penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  4. Mentoring
  5. Pelatihan Kewirausahaan
  6. Peningkatan Kemampuan Jurnalistik melalui Mading dan Majalah Kampus.
  7. Study tour dan studi edukatif
  8. Kuliah Umum, seminar dan workshop
  9. Praktek Pengabdian Lapangan
  10. Kuliah Kerja Nyata
  11. Outbond

Program Studi

  1. S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. S1 Manajemen Pendidikan Islam (sedang dipersiapkan)