Perayaan Milad YPPD Al-Azhar Jambi Ke-39 Berlangsung Meriah

Perayaan Milad Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah (YPPD) Al Azhar Muara Bungo-Jambi ke -39 yang diadakan pada tanggal 5-6 Agustus 2016 lalu telah berlangsung sukses dan meriah. Kemeriahan ini sangat terlihat dari sikap antusias para peserta yang hadir dan mengikuti berbagai acara yang disuguhkan panitia selama 2 hari yang bertempat langsung di Pondok Pesantren Diniyyah Muara Bungo-Jambi. Beberapa acara penting tersebut adalah Zikir Akbar bersama tim majelis zikir Ponpes Diniyyah Muara Bungo, Aksi Donor Darah, Malam silaturahim majelis guru/karyawan, Lomba Mewarnai TK/SD, Jalan Sehat bertabur doorprize dan Diniyyah Cup.

Sebelum acara dimulai, prosesi acara pembukaan ditandai acara pelepasan balon sekaligus launching logo Perguruan Diniyyah Muara Bungo terbaru yang dilakukan oleh Ketua YPPD Al Azhar Ibunda Dra. Hj. Rosmaini MS, M.Pd.I yang didampingi oleh Bapak Asisten I Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo H Usman Hasibuan dan Bapak Kepala Kementerian Agama Kab. Bungo H. Abdurrahman beserta para pengurus YPPD dan tokoh masyarakat lain yang hadir.

Dalam sambutannya, Ketua YPPD Al Azhar Jambi Ibunda Dra. Hj. Rosmaini MS, M.Pd.I mengungkapkan rasa haru dan bangganya atas kesuksesan pelaksanaan milad YPPD ini. Diakuinya, perayaan milad ini adalah perayaan milad yang pertama dilakukan pengurus yayasan setelah disibukan melewati perjalanan panjang selama 39 tahun yang berlalu.

Suasana Dzikir Akbar Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016

“Di masa-masa yang telah berlalu kita tidak sempat melaksanakan perayaan seremonial seperti ini, disebabkan terlalu banyak tantangan dan hambatan yang kita lalui dalam merintis bagaimana supaya YPPD Al Azhar bisa lebih fokus stabil dalam berkembang dan alhamdulillah tahun ini kita sudah bisa melihat keberadaan bangunan-bangunan YPPD Al Azhar yang berdiri dengan megah”, tutur wanita yang lebih akrab dipanggil ummi dengan penuh haru.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Diniyyah Al Azhar Jambi Ust. H. Muhammad Hafizh El Yusufi, S.Pd.I, menyatakan perayaan milad perdana ini adalah bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh elemen guru, karyawan, santri, orangtua, para tokoh masyarakat Kabupaten Bungo dan Provinsi Jambi bahwa selama ini ada sosok seorang wanita tangguh yang bernama Ibunda Dra. Hj. Rosmaini, M.Pd.I yang telah berjuang dengan gigih dan penuh keikhlasan demi membangun suatu lembaga pendidikan Islam di daerah ini. Perjuangan yang bukan sederhana dan penuh kesenangan, tetapi melewati berbagai penderitaan, kedukaan dan kelelahan dengan berbagai tantangan dan hambatan hingga sukses menjadi suatu perguruan yang megah dan berprestasi pada skala regional, nasional dan internasional saat ini.

Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016 (2)

Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016 (1)

“Suatu hal yang tidak mudah bagi seorang wanita mengubah hutan belantara yang tidak berpenghuni di masa lalu, hingga berdirinya suatu lembaga pendidikan yang bergengsi dan megah seperti yang kita lihat saat ini”, ungkapnya penuh takjub sembari menunjuk kemegahan gedung Pondok Pesantren Diniyyah Muara Bungo-Jambi kepada para hadirin di sela-sela dalam sambutan pembukaan Milad Yayasan.

Karena itu, Ustadz menyadari tidak mudah melalui masa-masa pahit selama 39-tahun yang dialami Ibunda Dra. Hj Rosmaini MS, M.Pd.I dalam merintis pendirian YPPD Al Azhar dan belum tentu juga akan ada di masa datang, seorang yang bermental gigih seperti wanita ini.

“Tentunya ini harus menjadi suatu inspirasi dan motivasi bagi kita untuk menjadikan yayasan ini lebih berkembang lagi dengan melanjutkan apa yang telah menjadi cita-cita pendiri di masa lalu. Karena umur pendiri tidaklah sepanjang umur lembaga ini, sehingga melanjutkan ke arah yang lebih baik adalah sesuatu yang harus dilakukan generasi sekarang dalam menghargai perjuangan para pendiri,” tambahnya lagi.

Berdasarkan perjalanan itulah, Ust. H. Hafizh Elyusufi, S.Pd.I mengusung tema perayaan milad YPPD Al Azhar ke-39 dengan judul, “Demi Baktiku kepada Ilahi dan Cintaku kepada Negeri”. Perwujudan ketulusan nurani dan sikap patriotik ibunda Dra. Hj. Rosmaini MS, M.Pd.I yang telah melewati berbagai tantangan dan rintangan demi memajukan agama dan negeri kelahirannya, Kabupaten Bungo yang tercinta & Provinsi Jambi umumnya.

Perayaan Milad YPPD Al-Azhar Jambi ke-39 ini telah melibatkan berbagai unit pendidikan dibawah naungan YPPD Al Azhar Jambi yang tersebar di tiga kabupaten/kota di dalam Provinsi Jambi. Yaitu; Perguruan Diniyyah Muara Bungo (TPA, Playgroup, TK Islam, SD IT, SMP IT, MTs, MA), Perguruan Al Azhar Jambi (TPA, Playgroup, TK Islam, SD IT, SMP IT, SMA IT, STKIP dan STIT) dan Perguruan Al Azhar Tebo (playgroup, TK Islam dan SD IT). Hingga saat ini di YPPD Al-Azhar terdapat sekitar 400-an guru/karyawan, 3500 santri/peserta didik dan 15.000 alumni yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan dunia. Dan dari jumlah yang sangat banyak tersebut, diperkirakan sekitar 500-an lebih yang telah sempat meluangkan waktunya dalam mengikuti kegiatan Zikir Akbar di halaman utama Pondok Pesantren Diniyyah Muara Bungo-Jambi. Tentunya, suatu hal yang mustahil juga bagi pengurus YPPD untuk menghadirkan seluruh para santrinya dari Perguruan Al Azhar Kota Jambi dan Perguruan Al Azhar Kab. Tebo untuk berkumpul di Kabupaten Bungo secara bersamaan karena keterbatasan fasilitas dan anggaran lainnya. Sehingga perayaan milad ini lebih terfokus kepada menghadirkan para guru dan karyawan dari tiga perguruan yang ada agar terjalin kebersamaan dan kekompakan dalam memajukan YPPD Al Azhar Jambi yang lebih baik di masa datang.

Santunan pada Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016

Direktur Pendidikan YPPD Al-Azhar Jambi Ust. H. Hafizh El Yusufi mengakui perayaan milad perdana ini harus benar-benar bisa dimanfaatkan untuk menyatukan kekompakan seluruh para guru/karyawan YPPD Al-Azhar Jambi agar mengerti dengan apa yang menjadi cita-cita pendiri. Dalam menjalankan misi penyatuan ini, tidak tanggung-tanggung, Ust H. Hafizh El Yusufi, S.Pd.I langsung turun tangan dan ikut serta dalam memimpin berbagai acara-acara yang diselenggarakan panitia milad. Seperti, malam silaturahim Guru/Karyawan dijadikan momen saling bertukar kado antar guru dan karyawan sehingga terjalin keakraban.

Pada peringatan milad yang ke-39 ini juga turut dilakukan pemberian santunan kepada 500 dhuafa dan yatim se-kabupaten Bungo. Selain itu juga dilaksanakan pemberian reward haji dan umroh kepada guru dan karyawan yang ada Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah Muara Bungo. Adapun yang mendapatkan reward haji pada tahun ini adalah Ustadz Kamiluddin, S.Pd.I (guru SD IT Al-Azhar Jambi), Ustadz Asnawi, S.Pd.I (Ka. LAZIS Perguruan Al-Azhar Jambi) dan Bapak Ewin Feri Todi (karyawan Perguruan Diniyyah Muara Bungo). Sedangkan yang mendapatkan reward umroh pada tahun ini yaitu Ibu Mardianis, S.Pd. (Ka. HRD Perguruan Al-Azhar Jambi), Ibu Eri Rahayu, S.Hum (Kepala MTs Diniyyah Ma. Bungo), Ibu Aliyah, S.S. (Kepala PAUD Islam Diniyyah Ma. Bungo) dan Ibu Dra. Umi Rokhmah (Kepala Unit Tata Usaha Perguruan Al-Azhar Jambi). Penyerahan reward ini diberikan secara simbolis oleh Pimpinan YPPD Muara Bungo Ibunda Dra. Hj. Rosmaini MS, M.Pd.I.

Berbagai doorprize yang menarik di dalam kado seperti; handphone dan tablet diberikan oleh Direktur dan para pengurus yayasan lainnya sebagai kejutan bagi yang beruntung sehingga menambah suasana keceriaan. Kejutan dan kebahagian juga berlanjut pada acara jalan santai bertabur doorprize. Tidak tanggung-tanggung, doorprize berupa TV LED, mesin cuci, kipas angin, dispenser, magic com dan berbagai peralatan elektronik rumah tangga lainnya juga dijadikan hadiah. Tidak hanya para guru dan karyawan saja, para santri juga menerima doorprize. Perasaan deg-degan, harap-harap cemas, penuh canda dan tawa telah bercampur baur di wajah para guru/karyawan dan para santri yang mengikuti acara ini. Begitu juga dengan kegiatan pertandingan sepakbola dan volleyball Diniyyah Cup berhadiah jutaan rupiah, yang melibatkan antar para guru/karyawan dari tiga perguruan naungan YPPD Al-Azhar Jambi telah berjalan penuh dengan tensi kompetisi, ceria dan penuh keakraban.

Penyerahan Hadiah Umrah dan Haji Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016

Diakhir milad, acara ditutup dengan kegiatan salam-salaman antar para guru/karyawan YPPD Al-Azhar dan pelepasan keberangkatan kembali ke perguruan asal masing-masing. Berbagai testimoni, pesan, kesan dan harapan diberikan para peserta milad, agar kegiatan seperti tetap dilaksanakan berkelanjutan di masa datang. “Inilah momen bagi kita untuk berkumpul bersama menjalin kekompakan dan keakraban demi memajukan YPPD Al Azhar yang lebih baik lagi di masa datang,” ujar salah seorang peserta milad di sela-sela kegiatan penutupan. Semoga selalu sukses untuk YPPD Al Azhar Jambi untuk World Class Institution Tahun 2025. (SNR)

 Pemberian Door Prize Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016 Kontingen Jalan Santai Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016 Pelepasan Kontingen Jalan Santai Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016
Penampilan Tari Saman Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016


Milad YPPD Muara Bungo Ke-39 2016 (3)